aminherwansyah

Laporan PPKKS SMAS dan SMKS

Blog Amin Herwansyah | 10 Februari 2021

 Laporan PPKKS SMAS dan SMKS di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Provinsi Jawa Barat.





Bagian 2 , postingan lanjutan dari PPKKS SMA Swasta Sukabumi 2021

Temuan kendala umum yang  kami himpun dari 15 sekolah SMA/SMK Swasta , mereka  kesulitan dalam pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) secara dalam jaringan (daring). Pihak yang merasa terkendala tersebut adalah pihak : sekolah sebagai sebuah lembaga, guru, siswa dan orang tua . Pihak yang berwenang dengan segala perangkat dan kebijakannya  wajib memberikan solusi   terbaik agar mereka bisa bersinergi dalam melaksanaan kegiatan BDR secara daring. 

Berikut ini adalah beberapa temuannya :

  1. Kendala dari Sekolah diantaranya : masalah RKAS yang tidak sesuai dengan keadaan sekarang, tidak mempunya tim IT, sarpras IT tidak memadai dan dana yang sangat kurang.
  2. Kendala dari pihak Guru diantaranya : beberapa guru  tidak mempunyai  kuota internet yang cukup, belum faham mngenai pemakaian aplikasi webinar, belum bisa membuat media pembelajaran yang berbasis audio atau video. penyimpanan data online tidak mencukupi, belum bisa membuat pemebelajaran online yang sesuai dengan RPP, merasa sulit berkoordinasi dengan peserta didik di rumah.
  3. Kendala dari pihak peserta didik antara lain : beberapa peserta didik belum memiliki HP yang mendukung, kuota internet yang tidak cukup dan proses belajar yang membosankan.
  4. Kendala dari pihak orang tua antara lain : beberapa orang tua tidak memiliki gawai yang memadai, tidak mempunyai kuota inernet yang cukup dan masalah psikologi anak.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar