aminherwansyah

Pelatihan Peran Pengawas

Blog Amin Herwansyah | 19 Maret 2024


Pelatihan peran Pengawas dalam implementasi kebijakan Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan region Bogor Angkatan kedua tahun 2024. Kegiatan yang dilaksankan selama lima hari , dari tanggal 18 sampai 22 Maret 2024 . Kegiatan ini  khusus untuk Pengawas dan Penilik dari pelbagai jenjang :  TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Salah satu materi pelatihannya adalah membedah Perdirjen GTK No. 4831/2024. Peraturan tersebut menyatakan bahwasanya paradigma Pengawas/Penilik harus berubah, diantaranya adalah dari peran pengawas sebagai pengendali menjadi pengawas sebagai pendamping.  Transformasi  ini  erat kaitannya dengan pelaksanaan Kurikulum Merdeka saat ini. Dimana produknya adalah pelayanan  secara maksimal dalam  proses pembelajaran yang berpusat pada murid. 

Transformasi pengawas yang lainnya adalah : 
  • Mendampingi kepala satuan pendidikan dalam menggerakkan warga sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan pembelajaran. 
  • Melakukan refleksi berdasarkan rapor pendidikan sekolah. 
  • Mengembangkan strategi pendampingan yang disesuaikan dengan kapasitas kepala satuan pendidikan dan potensi satuan pendidikan.
  • Rekomendasi peningkatan tata kelola satuan pendidikan yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran. 
  • Peningkatan literasi, numerasi dan karakter peserta  didik dari tahun ke tahun (delta skor) . Serta  peningkatan tingkat capaian satuan pendidikan pada kualitas pembelajaran dari tahun ke tahun (delta skor)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar