aminherwansyah

Profil Pelajar Pancasila

Blog Amin Herwansyah | 29 September 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mendukung Visi dan Misi Presiden untuk mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

Dalam kesempatan webinar bertema “Kebijakan Pendidikan terkait Guru dan Tenaga Kependidikan” yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemendikbud, Selasa (15/9/2020), @dirjen_gtk Iwan Syahril menjelaskan tentang Profil Pelajar Pancasila tersebut.

“Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; ada dimensi spiritualitas, religiusitas kepada agama dan keyakinannya. Kemudian bisa berintegritas, berakhlak mulia. Akhlaknya juga harus luar biasa sebagai hasil dari refleksi atau dimensi spiritual,” kata Iwan Syahril.

“Yang kedua, harus mandiri, dia tahu tujuannya itu apa. Bisa mendefinisikan tujuan, menyusun rencana untuk mencapai tujuan secara mandiri. Ini bagian dari Self-regulated learning,” ungkap Dirjen GTK Kemendikbud. 

“Lalu bernalar kritis, bisa berpikir dari berbagai sudut pandang,” jelas sosok yang akrab dipanggil Mas Dirjen. 

“Berkebhinekaan global, tidak hanya melihat perbedaan secara nasional, tapi juga di dunia bahwa keragaman itu adalah sebuah kekuatan yang akan menghadirkan solusi-solusi yang akan semakin menguatkan kemanusiaan kita,” tutur Iwan Syahril.

“Lalu gotong royong, ini sangat penting sekali. Akar dari budaya masyarakat kita, gotong royong luar biasa pentingnya,” ujar Iwan Syahril.

“Dan yang terakhir, kreatif, jadi ada imajinasi untuk menghadirkan solusi-solusi baru,” terang Dirjen GTK Kemendikbud, Iwan Syahril.

Sumber : GTK Kemendikbud RI




Tidak ada komentar:

Posting Komentar