aminherwansyah

Kemampuan Numerasi

Blog Amin Herwansyah | 26 Agustus 2023

Bangsa yang maju tidak dibangun hanya dengan mengandalkan kekayaan alam yang melimpah dan jumlah penduduk yang banyak. Bangsa yang besar ditandai dengan masyarakatnya yang literat, yang memiliki peradaban tinggi, dan aktif memajukan masyarakat dunia.

Enam literasi dasar yakni :  literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan. Literasi mumerasi seringkali disebut dengan kemampuan numerasi.

Kemampuan Numerasi dibutuhkan untuk menghadapi daya saing dan daya juang menghadapi tantangan abad ke-21. Seperti disampaikan dalam Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume 5 Nomor 9 Tahun 2018, Kemampuan Numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk : 

  • Memperoleh, menafsirkan, menggunakan, dan mengomunikasikan berbagai macam angka dan simbol matematika untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai konteks kehidupan.
  • Menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk : grafik, tabel, bagan dan sebagainya, yakni untuk mengambil keputusan.
Secara  sederhana, numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari (misalnya, di rumah, pekerjaan, dan partisipasi dalam kehidupan masyarakat dan sebagai warga negara) dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita.

Kemampuan numerasi terdiri dari tiga aspek dasar berupa : berhitung, relasi numerasi, dan operasi aritmatika. Berhitung adalah kemampuan untuk menghitung suatu benda secara verbal dan kemampuan untuk mengidentifikasi jumlah dari benda. Relasi numerasi berkaitan dengan kemampuan untuk membedakan kuantitas suatu benda seperti lebih banyak, lebih sedikit, lebih tinggi, atau lebih pendek. Sementara itu, operasi aritmatika adalah kemampuan untuk mengerjakan operasi matematika dasar berupa penjumlahan dan pengurangan. Keterampilan numerasi dibutuhkan dalam semua aspek kehidupan, baik di rumah, di pekerjaan, maupun di masyarakat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar