aminherwansyah

Jawaban Mas Nino Atas Keraguan Masyarakat Terhadap Kurikulum Prototipe

Blog Amin Herwansyah | 28 Desember 2021

Tulisan ini adalah reaksi Mas Nino (Anindito Aditomo) , Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbudristek RI yang di muat di laman detik.com. Mengapa Mas Nino menjawabnya ? Ya karena banyak masyarakat dan anggota DPR  yang masih meragukan atas pemberlakuan  Kurikulum Prototipe pada tahun 2022 nanti. Masyarakat mempertanyakan dampak kebijakan tersebut pada kesenjangan pendidikan. Jangan-jangan kurikulum itu hanya bisa diterapkan oleh sekolah-sekolah yang memang sudah bagus? Begitu juga para anggota DPR  anggota Komisi X berpesan agar penerapannya tidak justru melanggengkan kesenjangan mutu antar sekolah dan daerah.

Dalam tulisan tersebut Mas Nino mengatakan bahwa adanya : 

1. Problem Kesenjangan. 

Kesenjangan pendidikan antar wilayah dan antar kelompok sosial-ekonomi di Indonesia memang besar dan diperparah oleh pandemi. Berdasarkan riset kami bersama Inovasi, kerugian belajar (learning loss) akibat pandemi terjadi secara tidak merata.

Setelah 1 tahun pandemi, hasil belajar literasi dan numerasi siswa di wilayah timur Indonesia tertinggal sekitar 8 bulan belajar dibanding mereka yang tinggal di wilayah barat. Siswa yang tidak memiliki fasilitas belajar, seperti buku teks, tertinggal 14 bulan belajar dibanding mereka yang memilikinya. Sementara itu, siswa yang ibunya tidak bisa membaca bahkan tertinggal 20 bulan belajar dibanding mereka yang ibunya bisa membaca.

Semakin parahnya kesenjangan akibat pandemi sebenarnya tidak mengejutkan. Penutupan sekolah tentu lebih merugikan siswa yang tidak memiliki perangkat digital dan akses internet di rumah. Yang mengejutkan, dari data-data di atas adalah besarnya kesenjangan tersebut.

Ingat, data di atas mencerminkan kesenjangan tambahan di atas kesenjangan yang sudah ada. Padahal sebelum pandemi kesenjangan pendidikan sudah cukup besar. Data PISA menunjukkan bahwa sekolah yang melayani siswa dari keluarga miskin secara rata-rata tertinggal 3 sampai 4 tahun pelajaran dibanding yang melayani siswa dari kelas sosial-ekonomi atas.

Perlu dicatat bahwa data di atas belum mencakup hasil belajar sosial, emosional, dan spiritual yang merupakan aspek-aspek belajar yang juga sangat penting. Meski demikian, data tersebut seharusnya sudah menggambarkan betapa seriusnya kesenjangan pendidikan setelah pandemi. Jika tidak ditangani secara sistemik, kesenjangan ini akan terus terakumulasi dan berubah menjadi problem sosial politik yang serius.

2. Kebijakan untuk Pemerataan Akses

Ketimpangan pendidikan memiliki dua aspek, di antaranya akses dan kualitas. Penanganan sistemik terhadap keduanya perlu dilandasi pemahaman tentang akar dari kesenjangan pendidikan. Dalam hal ini, akarnya adalah ketimpangan di masyarakat itu sendiri.

Akibat kurangnya nutrisi, pola asuh, dan fasilitas belajar di rumah, siswa dari keluarga miskin cenderung kurang siap belajar di sekolah dibanding rekannya dari keluarga yang lebih kaya. Karena itulah prestasi akademik berkorelasi kuat dengan status sosial-ekonomi keluarga siswa.

Jika penerimaan siswa baru dilakukan berdasarkan potensi dan/atau prestasi akademik, maka hasilnya akan mencerminkan ketimpangan sosial-ekonomi di masyarakat.

Untuk mengatasi kesenjangan akses, kebijakan pendidikan mesti memastikan bahwa penerimaan siswa (seleksi masuk sekolah) menggunakan mekanisme yang adil. Hal ini sudah dimulai sejak kepemimpinan Muhadjir Effendy, dengan adanya jalur zonasi dalam penerimaan siswa baru. Sekarang kebijakan tersebut diperkuat dengan adanya jalur afirmasi bagi siswa miskin.

Ada juga program-program beasiswa bagi siswa dari keluarga miskin, seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dengan adanya beasiswa, siswa tidak terpaksa berhenti di tengah jalan karena alasan finansial. Saat ini KIP Kuliah juga dirancang untuk mendorong siswa miskin berkuliah di program studi dan universitas yang meningkatkan peluang mereka memasuki profesi-profesi kelas menengah atas.

Kebijakan-kebijakan afirmatif ini memeratakan akses pendidikan dengan memberi kesempatan bersekolah bagi siswa yang dirugikan oleh ketimpangan sosial-ekonomi-budaya dalam masyarakat. Namun, bagaimana dengan aspek kualitasnya? Di sinilah kurikulum dan pembelajaran memainkan perannya.

3. Kurikulum dan Pemerataan Kualitas

Kesenjangan kualitas juga berakar pada ketimpangan sosial-ekonomi dalam kesiapan siswa untuk mengikuti pembelajaran. Solusi untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat kesiapan belajar siswa. Dalam literatur, ini dikenal dengan pembelajaran terdiferensiasi (differentiated instruction atau teaching at the right level).

Dalam bentuk pembelajaran terdiferensiasi yang sederhana, siswa dikelompokkan ke dalam tiga kategori kesiapan, yaitu belum siap, sudah siap, dan sudah menguasai tujuan pembelajaran. Siswa yang belum siap diberi pendampingan khusus. Sementara siswa yang sudah siap mendapat pembelajaran yang standar, sedangkan mereka yang sudah menguasai diberi aktivitas pengayaan.

Kurikulum mempengaruhi kesenjangan karena dapat mencegah atau mendorong guru melakukan diferensiasi pembelajaran. Semakin banyak materi yang ada dalam kurikulum, semakin sedikit waktu untuk menyesuaikan pembelajaran dengan tingkat kesiapan belajar siswa.

Karena itu, kurikulum prototipe sengaja dirancang agar memuat lebih sedikit materi. Kurikulum prototipe juga akan dilengkapi dengan perangkat yang memudahkan guru melakukan diferensiasi pembelajaran. Misalnya, Kemendikbudristek akan menyediakan alat asesmen diagnostik untuk literasi membaca dan matematika. Kemendikbudristek juga akan membekali guru dengan beragam contoh modul yang bisa diadopsi atau diadaptasi sesuai konteks.

Dengan kata lain, kurikulum prototipe mendorong guru untuk mengurangi kesenjangan kualitas pendidikan. Namun ada kekhawatiran bahwa yang siap melakukan diferensiasi pembelajaran hanya sekolah yang sudah bagus.

Kekhawatiran ini masuk akal, namun dilandasi asumsi yang keliru, yaitu bahwa kondisi sekolah mencerminkan semangat dan kecakapan para gurunya. Faktanya, banyak guru hebat yang mengajar di sekolah yang kerap dipandang sebelah mata.

Selama Juli-November 2021, kami melakukan studi etnografi di sekolah-sekolah tempat uji coba kurikulum prototipe di 10 kota/kabupaten, dari Asahan di Sumatera Utara sampai Manggarai Timur di NTT. Ternyata, banyak sekolah dengan kondisi fisik minimalis, termasuk di daerah-daerah terpencil yang bisa menerapkan kurikulum prototipe. Meski pada awalnya gamang, para guru di sekolah-sekolah tersebut merasa termotivasi karena diberi kepercayaan untuk berinovasi.

Ini bukti bahwa sudah saatnya kita berhenti memandang guru dan sekolah yang ada di 'pinggiran' ekosistem pendidikan dengan kacamata defisit. Sudah saatnya mereka diberi kepercayaan, disertai dukungan yang tepat, untuk menerjemahkan kebijakan-kebijakan pendidikan secara merdeka. Hanya dengan demikianlah praktik-praktik inovatif yang kontekstual bisa dilahirkan, termasuk inovasi pembelajaran yang mengurangi kesenjangan pendidikan.

Silahkan Anda baca  tentang Kurikulum Prototipe pada tautan di bawah ini

Materi PPT kurikulum Prototipe 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar