aminherwansyah

UKBM Kombinasi

Blog Amin Herwansyah | 22 September 2020

 UKBM Kombinasi,

Assalamualaikum ,

Semoga anak-anak di rumah selalu dalam keadaan sehat . Mari kita berdoa semoga pandemi COVID-19 ini  cepat berlalu, sehingga kita kembali belajar normal seperti sedia kala. Stay save and healthy.


Jangan lupa mengisi daftar hadirnya terlebih dahulu di GCR .

Tetap Semangaaaat, anak-anak yang Bapak banggakan. 

Selamat berjumpa kembali, semoga kalian dalam keadaan sehat. Setelah kalian  mempelajari materi Matematika Wajib kelas 12  tentang  Aturan Pengisian Tempat (filling slots), : UKBM Permutasi.  maka kita lanjutkan ke materi berukutnya yakni tentang Kombinasi.

Coba pelajari bagian UKBM berikut ini mengenai Permutasi. Fahami kemudian  diskusikan lewat Forum GCR kelas masing-masing. catat hal-hal kata kunci yang penting pada materi ini.

Coba simak video di bawah ini :

credit video : bobbyrj harefa

Nah bagai mana , mudahkan ? Silahkan putar ulang agar kalian bisa memahami materi ini.
Bila kalian belum mengerti dan mau minta bantuan saya atau temen-teman mu, silahkan gunakan Forum GCR untuk berdiskusi.

Silahkan perhatikan soal  berikut ini. Kalian kerjakan di dalam buku latihannya dengan dibubuhi nama asli dan tanda tangan sendiri , kemudian hasilnya di foto dan upload (unggah) di GCR (Google Classroom), OK ! Selamat mengerjakan.

S o a l : 

A. Kelas 12 IPS 2
1. Hitunglah 10 C 3 =...

2. Diketahui ada 9 pemain pria terbaik ekstrakulikuler Basket SMANSA yang dibina oleh Bapak            Yosef. Ada berapa team terbaik yang dapat di bentuk oleh Pak Yosef .

3. Pada saat hari raya Idul Adha Bapak Dadan guru agama SMANSA dan OSIS SMANSA  akan    menyembelih hewan qurban . Mereka pergi ke peternak untuk membeli : 5 ekor sapi, 3 ekor kambing  dan 7 ekor domba. Ada berapa cara Pak Dadan memilih hewan tersebut, jika hewan yang tersedia di  peternak hanya terdapat : 7 ekor sapi, 5 ekor kambing dan 10 ekor domba.

4. Sebuah delegasi  beranggotakan 7 orang yang dipilih dari 10 pria dan 8 wanita. Jika harus ada 5 pria  dalam delegasi tersebut, maka tentukan ada berapa cara memilih delegasi tersebut?

5. Dari seperangkat kartu remi akan diambil 3 kartu sekaligus. Tentukan ada berapa kemungkinan berbeda kartu yang terambil keduanya gambar atau keduanya adalah As.

B. Kelas 12 IPS 1
1Hitunglah 10 C 6 =...

2. Diketahui ada 7 pemain pria terbaik ekstrakulikuler Basket SMANSA yang dibina oleh Bapak            Yosef. Ada berapa team terbaik yang dapat di bentuk oleh Pak Yosef .

3. Pada saat hari raya Idul Adha Bapak Dadan guru agama SMANSA dan OSIS SMANSA  akan    menyembelih hewan qurban . Mereka pergi ke peternak untuk membeli : 6 ekor sapi, 4 ekor kambing  dan 6 ekor domba. Ada berapa cara Pak Dadan memilih hewan tersebut, jika hewan yang tersedia di  peternak hanya terdapat : 8 ekor sapi, 5 ekor kambing dan 10 ekor domba.

4. Sebuah delegasi  beranggotakan 9 orang yang dipilih dari 10 pria dan 8 wanita. Jika harus ada 5 pria  dalam delegasi tersebut, maka tentukan ada berapa cara memilih delegasi tersebut?

5. Dari seperangkat kartu remi akan diambil 3 kartu sekaligus. Tentukan ada berapa kemungkinan berbeda kartu yang terambil keduanya gambar atau keduanya adalah King.


Untuk soal no. 4 dan 5 lihat contoh di UKBM.

Nah sekian dulu, semoga bisa difahami. Silahkan juga kalian simpulkan di buku catatan, tentang materi yang barusan kita pelajari. Untuk menambah latihan soal bisa di lihat di UKBM. 
 
Stay Save N Healthy. Wassalaam

Sumber : 
  1. UKBM Matematika Wajib Smt. 5 Dokumen Kurikulum
  2. http://bsd.pendidikan.id/data/2013/
  3. https://www.youtube.com/watch?v=ll86Co_pkH8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar