aminherwansyah

Kombel Pengawas Sekolah

Blog Amin Herwansyah | 1 Juni 2024
Komunitas Belajar (Kombel) Pengawas Sekolah.

Tujuan Komunitas Belajar bagi Pengawas Sekolah
Komunitas belajar menjadi wadah untuk merealisasikan terjadinya kolaborasi antar pengawas sekolah untuk dapat belajar bersama dan meningkatkan kompetensinya dalam membersamai kepala sekolah dalam peningkatan kapasitas dan mutu layanan satuan pendidikan untuk menyelenggarakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.
Sebagai pendamping kepala sekolah, pengawas sekolah perlu membentuk komunitas belajar dengan tujuan:
  1. Menjadi wadah untuk merealisasikan terjadinya kolaborasi antar pengawas sekolah
  2. Meningkatkan keterampilan pengawas sekolah dalam mendampingi kepala sekolah
  3. Berbagi pengalaman proses pendampingan kepala sekolah
  4. Mempelajari dan mendiskusikan implementasi kebijakan terbaru
Komunitas belajar menempatkan fokusnya pada pendampingan kepala sekolah, membudayakan kolaborasi dan tanggung jawab kolektif, serta berorientasi pada peningkatan kualitas kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah.
Agar terjadi pendampingan yang efektif oleh pengawas sekolah terhadap kepala sekolah, dapat dimulai dengan pertanyaan-pertanyaan kunci berikut:
  1. Pendampingan seperti apa yang dapat dilakukan untuk membentuk kepala sekolah yang ideal dan memiliki komitmen perubahan yang baik?
  2. Bagaimana metode dan strategi pendampingan yang relevan untuk setiap kepala sekolah
  3. Bagaimana cara mengetahui metode dan strategi pendampingan yang dilakukan sudah sesuai harapan?
  4. Apakah program-program yang dirancang sudah sesuai dengan kebutuhan kepala sekolah dan berbasis refleksi kebutuhan satuan pendidikan?
Kolaborasi diciptakan untuk menghadirkan suasana belajar bersama, yang di dalamnya ada rasa saling tergantung satu sama lain, serta kesadaran bahwa kualitas dan keberhasilan pendampingan merupakan tanggung jawab bersama. Pengawas sekolah menyepakati komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pendampingan dan memiliki tanggung jawab bersama pada peningkatan kualitas kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah. Bukan hanya pada satuan pendidikannya sendiri tapi juga mengimbaskannya ke satuan pendidikan di sekitarnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar