aminherwansyah

Kaos Merdeka Belajar dari Mas Mentri

Blog Amin Herwansyah | 12 Mei 2022

 Kaos Merdeka Belajar dari Mas Mentri ?

Malam Jumat ini saya membuka Instagram (IG). Saya melihat Mas Mentri membuat postingan untuk menyambut Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) 2022. Mas Mentri memposting di Instagram (IG)-nya, bahwa beliau akan berbagi kaos Merdeka Belajar. Tapi harus menuliskan pengalamn kita sekecil apapun yang pernah dilakukan untuk pendidkan di sekitar lingkungan . Dan cerita yang terpilih akan diberikan kaos yang sudah ditandatangan oleh beliau.


Saya tertarik mengikuti tantangan beliau, mengapa ? Sekali lagi bukan kaosnya, bukan. Tapi saya punya cerita yang membuat hati saya terenyuh saat pandemi pertengahan 2021. Ada pasangan muda pasutri dekat rumah  yang mempunyai satu orang anak yang masih duduk di bangku SD, namanya Icha. Pagi sekitar jam 7-han anak itu menangis sambil ngomel kepada ibunya. Kebetulan saya lagi di depan rumah sedang menyapu teras rumah. Saya tanya ibunya Icha : "Mengapa Icha menangis ?". "Icha disuruh gurunya untuk mengerjakan soal yang dibagikan melalui WA, paket HP nya habis Pak". Jawab ibunya Icha. " Ooo kalau begitu pake saja Wifi yang di rumah , nanti password nya saya kasih yah". Jawab saya. Lalu saya lihat muka Icha sudah bisa tersenyum lagi. "Semangat belajarnya ya Icha". "Iya Pak, terimaksih", jawab Icha. 

Saya punya keyakinan  Mas Mentri, bahwa kawan-kawan di seluruh pelosok Indonesia pun mempunyai sepenggal cerita unik yang sama dengan saya  untuk pendidikan ini, di sekitar lingkungannya.  Mengapa demikian ? Karena pandemi COVID-19 ini telah membuka mata (hati) kita. Betapa sulinya beban hidup yang ditanggung  oleh mereka ditengah pandemi ini. Tapi dengan rasa kemanusiaan yang tulus nan suci juga semangat gotongroyong yang tinggi, Insyaallah kita berhasil  mengatasi dampak yang luar biasa dari pandemi ini. Semoga pandemi ini berlalu, semoga Icha tidak menangis lagi dan bisa belajar seperti biasa.

Selamat Hari Pendidikan Nasional 2022. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar